5 Cara Menabung dengan Gaji Dibawah 1 Juta untuk Masa Depan Finansial

5 Cara Menabung dengan Gaji Dibawah 1 Juta untuk Masa Depan Finansial

Cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta tentunya menjadi hal penting yang perlu diketahui bagi anda yang memiliki penghasilan minim. Meski terdengar sulit untuk menjadikan gaji sebesar itu dapat menghidup dan menyejahterakan.

Namun sebenarnya hal ini tidak sesulit yang dipikirkan, karena cukup banyak cara yang dapat ditempuh untuk menabung meskipun fixed income termasuk kecil. Terlebih, nominal gaji sendiri bukanlah alasan bagi seseorang untuk tidak menabung. Dan sebaliknya, ada juga orang yang bergaji besar namun tidak dapat menabung.

Lantas, bagaimana cara menabung dengan gaji minim setiap bulannya ? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Menabung dengan Gaji Dibawah 1 Juta

1. Tentukan Arah Menabung

Sebagai langkah awal, menentukan arah atau target anda dalam menabung menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Adanya target pribadi seperti ini bisa membuat anda lebih mudah dalam mengatur keuangan. Alhasil anda pun nantinya bisa melakukan penghematan dengan mudah tanpa harus menyiksa diri sendiri.

Arah menabung ini juga nantinya bisa memotivasi diri sendiri untuk terus menabung mencapai hal tersebut tanpa putus. Namun perlu diingat bahwa arah menabung harus dibuat realistis agar tidak menyusahkan diri sendiri. Misalnya dengan mulai dari nominal yang kecil terlebih dahulu, seperti Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 per bulan. Pastikan anda menyisihkan sesuai nominal dengan teratur.

2. Hidup Sesuai Dompet

Agar cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk hidup sesuai dengan kondisi dompet anda. Meski terdengar sederhana, sebenarnya poin ini bisa menjadi salah satu yang paling sulit dilakukan. Sebab ada cukup banyak orang yang memiliki kecenderungan berbelanja dan kongkow dalam jumlah besar. Dan mereka merasa gengsi apabila tidak melakukannya.

Jika dibiarkan, tentu anda tidak akan bisa mulai menabung dengan baik. Justru sebaliknya, uang yang dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan uang yang masuk. Belum ada terlewat satu bulan, yang ada anda sudah merasa kewalahan ketika memasuki minggu kedua lantaran uang yang telah menipis.

3. Memenuhi Keinginan Ketika Ada Diskon

Berlanjut dari poin sebelumnya, keinginan berbelanja mungkin sangat sulit ditekan bagi sebagian orang. Sebagai solusi, anda bisa menyiasatinya dengan cara memanfaatkan diskon yang ada. Saat ini diskon atau promo merupakan salah satu teknik marketing yang lumrah dilakukan oleh produsen.

Bahkan di berbagai e-commerce biasanya setiap bulannya mengadakan diskon besar besaran. Sehingga anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta. Sebab memenuhi kebutuhan atau keinginan saat ada diskon membuat uang yang tersisa lebih banyak untuk dialokasikan menabung.

4. Mempunyai 2 Tabungan Berbeda

Apabila anda menabung di bank, ada baiknya jika anda memiliki 2 buku tabungan yang berbeda. Dimana satu rekening digunakan untuk kebutuhan hidup dan satu lagi berisi tabungan untuk masa depan. Untuk tabungan masa depan, sebaiknya pilih tabungan yang tak mempunyai kartu ATM atau tidak bisa ditarik kapan saja sehingga meminimalisir tabungan terpakai.

5. Belajar Berinvestasi Kecil

Apabila hanya menyisihkan uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan biasa, maka penghasilan anda sebulan tidak akan bisa tumbuh secara optimal. Maka dari itu, sebaiknya anda mulai belajar berinvestasi kecil dari sekarang agar uang bisa diputar. Cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta seperti ini akan membuat penghasilan anda bertumbuh secara efektif.

Tentu diperlukan tekad yang teguh untuk menjalankan beberapa cara seperti di atas. Namun perlu diingat bahwa menabung bukan hanya sebuah pilihan, melainkan juga kebutuhan. Karena anda tidak akan mengetahui bagaimana keadaan finansial di masa depan.

Dengan adanya tabungan, maka masa depan finansial tentunya menjadi lebih terjamin. Jadi mulai terapkan menabung dan investasi sejak dini. Gaji dibawah 1 juta pun tentunya bukan menjadi halangan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close